Minggu, 12 September 2010

kisah 25 istilah teknologi informasi berawalan f

25 istilah teknolgi informasi berawalan f

1.    FAT = Sistem berkas FAT atau FAT File System adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara dirinya beroperasi. Untuk penyingkatan, umumnya orang menyebut sistem berkas FAT sebagai FAT saja. Kata FAT sendiri adalah singkatan dari File Allocation Table, yang jika diterjemahkan secara bebas ke dalam Bahasa Indonesia menjadi Tabel Alokasi Berkas. Arsitektur FAT sekarang banyak digunakan secara luas dalam sistem komputer dan kartu-kartu memori yang digunakan dalam kamera digital atau pemutar media portabel.
2.    Fault-tolerance = adalah sebuah property atau sifat yang menyediakan system untuk menjalankan sebuah operasi dengan baik meskipun terjadi kegagalan atau error pada komponennya.
3.    Ferroelectric RAM (FeRAM or FRAM) = adalah random access memory (RAM) yang memiliki construksi mirip dengan DRAM namun lapisan ferroelectric daripada lapisan dielektrik untuk mencapai non volatility. Karena penggunaan daya lebih rendah, penulisan lebih cepat, dan jumlah maximum lebih besar untuk siklus menulis dan menghapus.
4.    Field = adalah data yang dibagi menjadi beberapa bagian. Di mana bagian tersebut disebut field.
5.    File / computer file = blok dari informasi, sumber atau tempat menyimapan informasi, di mana program komputer bisa mengaksesnya.
6.    Fingerprint scanner = adalah sistem keamanan yang menggunakan prinsip biometrik (sidik jari).
7.    Firewall = sebuah sistem atau perangkat yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dan jaringan lainnya.
8.    Firewire = adalah merek dagang Apple sekaligus nama yang paling populer untuk standar kabel data antar-muka berseri IEEE 1394. Sony memperkenalkan IEEE 1394 dengan nama i.Link. Meski namanya berbeda-beda, ketiganya (FireWire, IEEE 1394 dan i.Link) sama-sama menunjuk pada jenis kabel data yang mampu mengirim data dengan kecepatan sangat cepat, sampai pada rata-rata 400 megabit per detik (Mbps). FireWire diklaim sebagai saluran penghantar data yang paling cepat dan stabil diantara saluran lain seperti USB.
9.    Fixed head = Alat pembaca dan menulis data pada media disk atau piringan, sehingga data dari memori dapat disimpan ke media tersebut, atau sebaliknya.
10.    Flash disc atau flash drive = adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 64 megabyte sampai 512 gigabyte. Besarnya kapasitas media ini tergantung dari teknologi memori flash yang digunakan.
11.    Flash memory = adalah teknologi penyimpanan non volatile dalam komputeryang bisa dihapus dan diprogram atu ditulis secara electric
12.    Flash player atau adobe flash = adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat diputar di penjelajah web yang telah dipasangi Adobe Flash Player. Flash menggunakan bahasa pemrograman bernama ActionScript yang muncul pertama kalinya pada Flash 5.
13.    Floating-point atau bilangan titik mengambang = adalah sebuah format bilangan yang dapat digunakan untuk merepresentasikan sebuah nilai yang sangat besar atau sangat kecil. Bilangan ini direpresentasikan menjadi dua bagian, yakni bagian mantisa dan bagian eksponen (E).
14.    floppy disk atau Cakram liuk = adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
15.    FLOPS = adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris Floating point Operations Per Second yang merujuk pada satuan untuk jumlah perhitungan yang dapat dilakukan oleh sebuah perangkat komputasi (dalam hal ini adalah komputer) terhadap bilangan pecahan (floating point) tiap satu satuan waktu. FLOPS merupakan satuan pengukuran kecepatan kinerja suatu mikroprosesor biasanya dalam aplikasi ilmiah (scientific application), seperti untuk menghitung/mensimulasikan data pergerakan Bumi secara waktu nyata. Sebagai contoh, superkomputer Cray 1 mempunyai kemampuan untuk melakukan kalkulasi sebanyak 80 juta kalkulasi terhadap bilangan pecahan dalam 1 detik, dan dapat dinyatakan dalam satuan 80 MFLOPS/MegaFLOPS.
16.    Folder = adalah kontainer virtual dalam digital file system yang mengorganisasikan file dan folder dalam komputer.
17.    Fortran = adalah sebuah bahasa pemrograman. Pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 dan digunakan dalam bidang sains selama 50 tahun kemudian. Pertama kali bernama FORTRAN yang merupakan singkatan dari Formula Translator/Translation, tetapi penggunaan huruf besar kemudian ditiadakan sejak versi Fortran 90. Pertama kali dikembangkan merupakan bahasa pemrograman prosedural, akan tetapi versi-versi terbaru dari Fortran kemudian dikembangkan dengan memasukkan kemampuan object-oriented programming.
18.    Frame Relay = adalah protokol packet-switching yang menghubungkan perangkat-perangkat telekomunikasi pada satu Wide Area Network (WAN).Protokol ini bekerja pada lapisan Fisik dan Data Link pada model referensi OSI.  Protokol Frame Relay menggunakan struktur Frame yang menyerupai LAPD, perbedaannya adalah Frame Header pada LAPD digantikan oleh field header sebesar 2 bita pada Frame Relay.
19.    Freeware atau perangkat gratis = adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis "untuk disumbangkan kepada komunitas", namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Kadang jika para pemrogram memutuskan untuk berhenti mengembangkan sebuah produk perangkat gratis, mereka akan memberikan kode sumbernya kepada pemrogram lain atau mengedarkan kode sumber tersebut kepada umum sebagai perangkat lunak bebas.
20.    FSB (Front Side Bus) = adalah jalur (bus) yang secara fisik menghubungkan prosesor dengan chipset northbridge pada motherboard. Jalur ini sebagai tempat lintasan data/informasi yang diwujudkan dalam bentuk sinyal-sinyal elektronis. Jalur ini merupakan jalur dua arah, artinya aliran data/informasi bisa berjalan dari prosesor menuju motherboard atau sebaliknya. FSB juga menghubungkan processor dengan memori utama.
21.    FTP (File Transfer Protocol) = adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.
22.    Fuzzy logic (logika kabur) = adalah bentuk dari multi valued logic (logika bernilai banyak) untuk menangani ketidakpastian pada masalah – masalah yang memiliki banyak jawaban.
23.    Front end processor (FEP) = berupa suatu komputer yang ditujukan secara khusus untuk pengelolaan komunikasi dan dipasang  ke komputer utama (host) pada sistem mainframe.
24.    Free software = istilah dirancang oleh Richard Stallman (pendiri free software foundation) untuk menyatakan perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber yang memungkinkan siapa saja dapat menggunakan program tersebut dan bahkan ikut mengembangkannya.
25.    Forth = bahasa generasi ketiga yang diciptakan oleh Charles Moore pada tahun 1971, dirancang untuk menangani tugas – tugas kontrol secara waktu nyata (real-time) maupun untuk aplikasi bisinis dan grafis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar